Desain Kompensator (SISO Tool Design)

Desain Kompensator

Pada dasarnya, desain kompensator berkaitan dengan Anda menambah pole dan zero baru kepada sistem.

Anda telah melihat hasil mengurangi penguatan kompensator dapat mengurangi redaman dan bila Anda menaikkan penguatan akan menimbulkan ketidakstabilan sistem atau sistem menjadi tak teredam. Untuk itu, untuk memenuhi kriteria desain tidak mungkin hanya dengan cara meningkatkan atau mengurangi penguatan pada kompensator saja.

Ada tiga parameter yang harus ditetapkan pada desain kompensator yaitu : pole, zero dan penguatan. Setelah Anda memilih penguatan, kita dapat menambah pole dan zero pada kompensator.

Menambah pole pada Kompensator

Anda dapat menambah pole riil pada halaman Compensator Editor. Klik tab Compensator Editor , jadikan C sebagai pilihan, dan klik kanan dalam tabel Dynamics. Pilih Add Pole/Zero > Real Pole. Gunakan kotak Edit Selected Dynamics untuk membaharui parameter pole parameters, seperti ditunjukkan gambar berikut.

Anda dapat juga menambah pole yang riil secara pada plot root locus menggunakan jendela Graphical Tuning. Klik kanan dalam plot root locus dan pilih Add Pole/Zero > Real Pole. Klik pada daerah plot root locus yang Anda inginkan untuk menambah satu pole riil.

Pole riil yang ditambahkan dengan cara ini secara otomtis ditambahkan ke tabel pada halaman Compensator Editor .

Setelah Anda menambah pole dan zero, plot tanggapan LTI Viewer akan berubah dan root locus serta Bode plot tampil dengan pole dan zero baru.

This figure shows the Graphical Tuning window with the new poles added. For clarity, you may want to zoom out further, as was done here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)