Analisis2

Simulasikan respon model LTI untuk masukansembarang

lsim mensimulasikan respon sistem linear kontinyu waktu () atau diskrit dengan input acak. Ketika dijalankan tanpa argumen kiri, plot lsim respon di layar.

lsim (sys, u, t) menghasilkan plot dari respon waktu model LTI sys ke t input terhadap waktu u. T sampel vektor menentukan waktu untuk simulasi dan terdiri dari sampel secara teratur waktu spasi.

t = 0: dt: Tfinal

U matriks sebagai baris harus memiliki banyak waktu sampel (panjang (t)) dan banyak kolom sebagai masukan sistem. Setiap baris u (i,:) menetapkan nilai input (s) pada waktu t sampel (i).

model sys LTI dapat kontinyu atau diskrit. Dalam waktu diskrit, u harus diambil pada tingkat yang sama sebagai sistem t waktu kontinu, waktu sampling dt = t (2)-t (1) digunakan untuk diskritisasi model kontinu. Jika dt terlalu besar (undersampling), peringatan lsim menyarankan Anda menggunakan sampel yang lebih tepat waktu, atau akan menggunakan sampel waktu yang ditentukan.
lsim (sys, u, t, x0) lebih menentukan kondisi awal x0 untuk sistem negara. Sintaks ini hanya berlaku untuk model-model negara-ruang.

lsim (sys, u, t, x0, ‘zoh’) atau lsim (sys, u, t, x0, ‘FOH’) secara eksplisit menentukan bagaimana nilai-nilai input harus diinterpolasi antar sampel (tahan orde nol atau interpolasi linier). Secara default, lsim memilih metode interpolasi secara otomatis berdasarkan kelancaran sinyal U.

Akhirnya,

lsim (sys1, sys2 ,…, sysN, u, t)

mensimulasikan tanggapan dari beberapa model LTI terhadap input t yang sama, u dan plot tanggapan ini pada gambar tunggal. Seperti dengan tanda atau plot, Anda dapat menentukan warna tertentu, linestyle, dan / atau penanda untuk setiap sistem, misalnya,

lsim (sys1, ‘y:’, sys2, ‘g -‘, u, t, x0)

Perilaku multisistem adalah serupa dengan tanda atau langkah.

Ketika dipanggil dengan argumen yang kiri,

y [lsim,] t = (sys, u, t)
y [, t, x] = lsim (sys, u, t)% untuk model-model negara-satunya ruang
y [, t, x] = lsim (sys, u, t, x0)% dengan keadaan awal

kembali respon output y, t vektor waktu yang digunakan untuk simulasi, dan lintasan x (untuk model negara-ruang saja). Tidak ada plot digambar di layar. Y sebagai baris matriks memiliki banyak waktu sampel (panjang (t)) dan banyak kolom sebagai keluaran sistem. Hal yang sama berlaku untuk x dengan “output” digantikan oleh negara.

Contoh

Simulasikan dan plot respon sistem

untuk gelombang persegi dengan jangka waktu empat detik. Pertama menghasilkan gelombang persegi dengan gensig. Contoh setiap 0,1 detik selama 10 detik:

[u,t] = gensig (‘square’, 4,10,0.1);

Kemudian simulasi dengan lsim.

H = [tf ([2 5 1], [1 2 3]); tf ([1 -1], [1 1 5])]
lsim (H, u, t)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)