Menyimpan dan Mengedit Gambar

Menyimpan Gambar

Untuk menyimpan gambar, pilihlah Save dari menu File. Untuk menyimpannya kita menggunakan format grafik, seperti TIFF, bila ingin menggunakan format lain pilihlah Export dari menu File.

Mengedit Gambar

MATLAB membuat bentuk sebuah grafik untuk memberi kemampuan untuk dapat dibaca, skala sumbu yang dapat diubah, termasuk mengubah warna dan jenis garis sesuai diinginkan. Namun, jika kita sedang membuat grafik, kita dapat saja mengubah bentuk gambar tertentu atau menambah label, judul dan notasi lain untuk membentu menjelaskan data.

MATLAB menyediakan dua cara untuk mengubah gambar yang kita buat.

  • Menggunakan mouse untuk memilih dan mengedit objek secara interaktif
  • Menggunakan fungsi MATLAB pada garis-perintah atau file-M

Gambar Mesh dan Permukaan

MATLAB mendefinisikan sebuah permukaan dengan koordinat titik z diatas bidang x-y, menggunakan garis lurus untuk menghubungkan titik-titik yang berdekatan. Fungsi gambar mesh dan surf menampilkan permukaan dalam tiga dimensi. mesh menghasilkan permukaan kerangka kawat yang berwarna hanya pada garis yang menghubungkan titik-titik tertentu. surf menampilkan baik garis yang saling berhubungan juga menampilkan permukaan berwarna.

Visualisasi Fungsi dua variabel

Untk menampilkan fungsi dua variabel, z = f (x,y),

  • Membangkitkan matriks X dan Y yang masing-masing terdiri atas baris dan kolom berulang, dalam domain fungsi.
  • Menggunakan X dan Y untuk mengevaluasi dan menggambar fungsi.

Fungsi meshgrid melakukan transformasi domain yang ditentukan oleh vektor tunggal atau dua vektor x dan y kedalam matriks X dan Y yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi dua variabel. Baris X merupakan pemindahan dari vektor x dan kolom Y adalah pindahan dari vektor y.

Contoh –Membuat grafik fungsi sinc

Contoh berikut ini mengevaluasi dan menggambar grafik fungsi dua dimensi sinc, sin(r)/r, antara arah x dan y. R adalah jarak dari pusat, yang merupakan titik pusat matriks. Adding eps (a MATLAB command that returns the smallest floating-point number on your system) avoids the indeterminate 0/0 at the origin.

[X,Y] = meshgrid(-8:.5:8);

R = sqrt(X.^2 + Y.^2) + eps;

Z = sin(R)./R;

mesh(X,Y,Z,’EdgeColor’,’black’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)