Menetapkan Style Warna

Menetepkan Style dan Warna

Dimungkinkan kita menetapkan warna, style garis, dan tanda tertentu (seperti tanda + atau linkaran) saat kita menggambar data menggunkan perintah plot.

plot(x,y,’color_style_marker‘)

color_style_marker adalah sebuah string yang berisi satu sampai empat karakter (dibatasi tanda petik) untuk membuat grafik dengan warna, style garis, dan jenis tanda :

  • String untuk warna diantaranya 'c', 'm', 'y', 'r', 'g', 'b', 'w', and 'k'. Ini menunjukkan arti cyan, magenta, yellow, red, green, blue, white, dan black.
  • Strings style garis berupa '-' untuk garis padat, '' untuk garis putus-putus, ':' untuk garis :, '-.' Untuk garis strip-titik.
  • Jenis tanda diantaranya adalah '+', 'o', '*', dan 'x' dan jenis tanda berisi adalah 's' untuk persegi, 'd' untuk permata, '^' untuk segitiga atas, 'v' untuk segitiga bawah, '>' untuk segitiga kanan, '<' untuk segitiga kiri, 'p' untuk pentagram, 'h' untuk heksagram, dan kosong untuk tanpa tanda.

Kita dapat juga mengubah warna, garis dan tanda secara interaktif.

Menggambar Garis dan Tanda Garis

Jika kita menetapkan jenis tanda bukan style garis, MATLAB hanya akan menggambar berupa tanda. Sebagai contoh,

plot(x,y,’ks’)

akan menggambar persegi hitam pada tiap titik data, tetapi tidak menghubungkan tanda dengan garis.

Pernyataan

plot(x,y,’r:+’)

akan menggambar grafik garis titik merah dan menempatkan tanda plus pada tiap titik data. Kita mungkin saja menginginkan menggunakan beberapa titik data untuk menggambar tanda kemudian kita menggunkanannya untuk menggambar garis.

x1 = 0:pi/100:2*pi;

x2 = 0:pi/10:2*pi;

plot(x1,sin(x1),’r:’,x2,sin(x2),’r+’)

Kembali                                                                Lanjut Menggambar Grafik Lanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)