Image dan Cetak Gambar

Gambar Image

Larik dua dimensi dapat ditampilkan sebagai image, dengan elemen-elemen larik menentukan kejelasan atau warna image. Sebagai contoh, pernyataan berikut

load durer

whos

Name          Size         Bytes  Class

X           648×509      2638656  double array

caption     2×28             112  char array

map         128×3           3072  double array

mengambil file durer.mat, menambah tiga variabel ke workspace. Matriks X adalah matriks 648-kali-509 dan map adalah matriks 128-kali-3 yang merupakan peta warna dari image ini.

Catatan File MAT, seperti durer.mat, adalah file biner yang dapat dibuat pada satu platform dan selanjutnya dibaca oleh MATLAB pada platform yang berbeda.

Elemen dari X merupakan bilangan bulat antara 1 dan 128, yang disediakan sebagai identitas pada peta warna, map. Selanjutnya

image(X)

colormap(map)

axis image

menghasilkan Dürer’s etching. Pada scan resolusi tinggi bagi persegi magic tersedia dalam file lain. Ketiklah

load detail

dan kemudian menggunakan tomboh panah atas pada keyboard untuk mengeksekusi ulang image, colormap, dan perintah axis. Pernyataan

colormap(hot)

menambah beberapa warna abad dua puluhan ke abad enam belasan. Fungsi hot membangkitkan peta warna yang berisisi arsiran merah, oranye, dan kuning. Secara khusus, matriks image tertentu telah memiliki peta warna spesifik yang sesuai dengan matriks tersebut.  Lihatlah halaman referensi colormap.

Mencetak Grafik

Kita dapat mencetak gambar MATLAB secara langsung ke printer yang terhubung dengan komputer atau kita dapat juga memberi nama gambar ke file grafik format standar yang didukung pleh MATLAB. Ada dua cara untuk mencetak dan mengubah gambar ke file :

  • Menggunakan pilihan Print dibawah menu File
  • Menggunaka perintah print

Mencetak dari Menu

Ada empat pilihan dibawah menu File yang digunakan untuk mencetak :

  • Pilihan Page Setup menampilkan kotak dialog yang mengizinkan kita untuk mengatur karakteristik gambar pada halaman yang dicetak.
  • Pilihan Print Setup menampilkan kotak dialog yang menetapkan default pencetakan, tetapi tidak mencetak gambar.
  • Pilihan Print Preview mengizinkan kita untuk melihat gambar yang akan tercetak.
  • Pilihan Print menmapilkan kotak dialog yang meminta untuk memilih pilihan pencetakan satndar dan mencetak gambar.

Umumnya, gunakan Print Preview untuk menentukan apakah keluaran yang tecetak dinginkan atau tidak. Jika tidak, gunakan kotak dialog Page Setup untuk mengubah setting keluaran. Pilihlah kotak dialog Page Setup tombol Help untuk menampilkan informasi bagaimana menampilkan halaman.

Mengubah gambar ke file grafik

Pilihan Export dibawah menu File mengizinkan kita untuk mengubah gambar ke berbagai format file grafik standar.

Gunakan Perintah Print

Perintah print menyediakan banyak fleksibilitas pada jenis keluaran yang dikirim ke printer dan menawarkan kita untuk mengendalikan pencetakan dari file-M. Hasilnya dapat dikirim secara langsung ke printer atau dismpan di file tertentu. Berbagai format keluaran yang cukup banyak telah tersedia seperti TIFF, JPEG, dan PostScript.

Sebagai contoh, pernyataan berikut ini akan menyimpan isi jendela gambar sebagai color Encapsulated Level 2 PostScript dalam bentuk file yang disebut magicsquare.eps. Pernyatan ini juga memasukkan tampilan TIFF, yang memberikan kemudahan untuk dapat ditampilkan dalam banyak pengolah kata :

print -depsc2 -tiff magicsquare.eps

Untuk menampilkan gambar yang sama sebagai file TIFF dengan resolusi 200 dpi, gunakan perintah

print -dtiff -r200 magicsquare.tiff

Jika kita ketik print pada baris perintah,

print

MATLAB mencetak gambar sekarang yang tampil pada printer default.

Kembali Menu Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)